zwani.com myspace graphic comments

Rabu, 03 September 2008

DASAR-DASAR SUSU FORMULA BAGI BAYI

Apa itu susu Formula Bayi?
Susu formula bayi adalah cairan atau bubuk dengan formula tertentu yang diberikan pada bayi dan anak-anak. Mereka berfungsi sebagai pengganti ASI. Susu formula memiliki peranan yang penting dalam makanan bayi karena seringkali bertindak sebagai satu-satunya sumber gizi bagi bayi. Karenanya, komposisi susu formula yang diperdagangkan dikontrol dengan hati-hati dan FDA (Food and Drugs Association/Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) mensaratkan produk ini harus memenuhi standard ketat tertentu.

Bagaimana FDA mengatur Susu Formula?
Kualitas keamanana dan gizi dari susu formula dipastikan dengan mensaratkan para produsen mengikuti prosedur tertentu dalam memproduksinya. Bahkan, ada hokum – yang dikenal sebagai Ketentuan Susu Formula bagi Bayi – yang memberikan FDA kekuasaan untuk menciptakan dan menerapkan standard pembuatan susu formula bayi. Para produsen harus menganalisa setiap periode produksi untuk memastikan tingkatan gizi dan memastikan keamanannya. Kemudian mereka diharuskan untuk mengambil contoh, memastikan bahwa produk tersebut akan tetap baik sekalipun disimpan di rak-rak toko. Susu formula bayi juga diharuskan memiliki kode-kode kemasan untuk meng-identifikasi periode produksi dan para produsen harus menyimpan detail setiap produksi beserta analisanya.

Apakah FDA memiliki spesifikasi gizi tertentu bagi susu formula bayi?
Dalam daftar peraturan FDA ada nilai minimum dari kandungan 29 gizi dan nilai maksimum dari 9 gizi tersebut. Semua susu formula yang dipasarkan di Amerika Serikat harus memenuhi persyaratan gizi tersebut. Dengan semakin banyaknya informasi yang tersedia tentang kebutuhan gizi pada bayi, spesifikasi gizi FDA untuk susu formula mungkin saja dirubah sesuai perkembangan informasi tersebut.

Apakah sebuah susu formula harus disetujui FDA sebelum dilempar ke pasar?
Secara hukum, hal tersebut tidak dibutuhkan, namun FDA meminta para perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi tertentu sebelum mereka melempar produk baru susu bayi ke pasar. Para produsen diharuskan memastikan bahwa mereka telah mengikuti standard pembuatan yang baik dan prosedur pengawasan kualitas serta bahwa susu tersebut akan mendukung perkembangan bayi. Jika hal tersebut tidak dilakukan, FDA akan menolak niat produsen memasarkan susu tersebut, namun, produsen dapat saja memasarkan produk baru tersebut sekalipun tidak disetujui FDA.

Bagaimana orang tua memilih susu formula untuk bayi mereka?
Banyak pilihan dengan berbagai jenis susu formula tersedia di pasaran. Orang tua sebaiknya bertanya kepada dokter anak mereka jika mereka ragu memilih susu formula bagi bayi mereka.
Apakah bayi yang diberi susu formula membutuhkan tambahan vitamin dan mineral?
Bayi yang diberi susu formula tidak membutuhkan gizi tambahan kecuali jika susu yang diberikan adalah susu rendah zat besi. Jika bayi diberi susu yang rendah nilai zat besi nya, petugas kesehatan mungkin akan menyarankan untuk memberikan sumber zat besi tambahan, biasanya setelah bayi berusia 4 bulan keatas.

Spesifikasi gizi susu formula dari FDA dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Sebagai tambahan, para produsen meng-klaim bahwa nilai gizi yang mereka cantumkan pada label pada umumnya memiliki tingkatan yang lebih tinggi daripada syarat minimum FDA dan mereka juga menambahkan vitamin-vitamin lain dalam tingkatan tertentu sehingga sesuai dengan label sepanjang belum melewati masa kadaluarsa.

Apakah susu formula bayi dengan “merek rumahan” atau generic vitaminnya berbeda dibanding susu dari merek-merek terkenal?
Semua susu formula bayi yang dipasarkan di Amerika Serikat harus memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh FDA. Para produsen susu formula bayi harus memiliki formula-formulanya sendiri, namun produk tersebut harus mengandung setidaknya tingkatan minimal untuk segala vitamin yang tercantum dalam peraturan FDA, tanpa melewati batas maksimum, apabila batas maksimum memang ditetapkan.

Beberapa pernyataan dalam label kandungan produk adalah termasuk bahan sebagai tambahan vitamin dan bahan yang sudah kita kenal misalnya susu. Mengapa perlu tambahan bahan tersebut?
Susu formula cair yang terkonsentrasi dan siap minum seringkali mengandung bahan tambahan seperti lecithin, carrageenan, dan mono – serta diglyecerides agar komposisi susu tersebut tidak terpisah selama masa simpannya.

Apa arti tanggal “kadaluarsa” pada label produk susu formula?
Tanggal “kadaluarsa” yang tercantum pada produk, adalah tanggal yang dipilih oleh produsen berdasarkan tes dan informasi-informasi lainnya, untuk menginformasikan para distributor dan konsumen tentang kualitas produk tersebut. Sampai tanggal tersebut, susu formula bayi tersebut akan mengandung gizi tepat seperti yang tertulis pada label dengan kualitas yang baik. Tanggal “kadaluarsa” disyaratkan oleh peraturan FDA pada setiap kemasan susu formula.

Apa yang dimaksud dengan susu formula palsu/tiruan? Bagaimana saya membedakannya dengan yang asli ?
Susu formula tiruan/palsu adalah susu formula yang telah diambil dari jalur distribusi normal dan kemudian diganti labelnya. Produk tersebut kemudian mungkin akan diberi label baru untuk memberikan informasi kualitas atau identitas yang salah. Misalnya, jika sebuah susu formula sudah kadaluarsa, label palsu mungkin mencantumkan tanggal “kadaluarsa” palsu untuk menutupi kenyataan bahwa produk sudah tidak lagi mengandung nilai gizi yang tertera di label dan sehingga sudah tidak sepatutnya dikonsumsi. Contoh kedua, susu formula mungkin di beri label baru untuk menyamarkan kandungan produk. Bayi yang alergi terhadap bahan tertentu dan diberi produk palsu tersebut mungkin akan mengalami masalah kesehatan yang sangat serius.

Untul melindungi bayi, orangtua atau pengasuh harus selalu awas dengan prubahan pada warna susu, bau atau rasa. Orangtua harus memastikan bahwa nomor Lot dan tanggal ”kadaluarsa” di kemasan dan kardus sama (jika membeli dalam jumlah kardusan), periksa kerusakan kemasan, dan hubungi nomor bebas pulsa produsen jika anda curiga atau punya pertanyaan.

Saya melihat air minum kemasan botol yang diberi tanda untuk digunakan sebagai pencampur susu formula. Apa maksudnya?
Para produsen susu formula mencantumkan cara mencampur produk mereka dengan air dan biasanya tidak secara spesifik menjelaskan sumber air yang patut digunakan, namun hanya menyarankan untuk menggunakan air yang aman diminum. Sebenarnya, cukup aman menggunakan air minum dari ledeng yang dididihkan selama satu menit atau seperti petunjuk pada label produk. Beberapa produsen air kemasan ingin membuat air minum kemasan yang khusus untuk para bayi dan dapat digunakan untuk mencampur susu formula. JIka produsen sudah melabel bahwa produknya ditujukan untuk bayi, air tersebut harus memiliki kualitas yang sama dengan standard air ledeng yang ditetapkan Agen Perlindungan Lingkungan. Label ini juga harus menunjukkan bahwa air kemasan ini tidak steril. Sebagaimana air ledeng, konsumen disarankan untuk mendidihkan airnya selama satu menit sebelum mencampurnya dengan susu formula. Air yang sudah disterilisasi oleh produsen dan ditujukan untuk konsumsi bayi harus memenuhi standarisasi ketat FDA.

Apakah ada resep susu formula rumahan yang telah disetujui?
FDA mengatur susu formula yang tersedia di pasaran, yang dipasarkan dalam bentuk cair dan bubuk, namun tidak mengatur resep pembuatan susu formuila rumahan. Pembuatan susu formula di rumah harus dilakukan dengan amat hati-hati, dan keamanan harus menjadi hal yang utama. Masalah-masalah yang mungkin timbul akibat pemilihan dan kombinasi yang salah dari bahan-bahan pembuat susu formula dapat sangat serius dan bervariasi dari ketidak seimbangan gizi yang akut hingga produk yang membahayakan bayi. Karena masalah serius yang mungkin terjadi inilah, FDA tidak merekomendasikan konsumen untuk membuat susu formula sendiri.

Bagaimana menyiapkan susu formula?
Susu formula tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk yang siap minum, dalam kemasan kaleng 32oz dan tidak membutuhkan persiapan apapun. Begitu dibuka, susu ini harus dimasukkan kedalam kulkas dan digunakan dalam waktu 48 jam. Produk ini biasanya berharga paling mahal.

Susu formula juga bisa dikonsentrasikan dalam kaleng 13oz, dan perlu dicairkan dengan air dengan perbandingan 1:1 (satu bagian air untuk satu bagian susu konsentrat). Bubuk formula disiapkan dengan mencampur satu sendok susu dengan dua bagian air. Susu bubuk berharga ekonomis. Saat membandingkan harga susu formula, periksa berapa banyak susu yang dihasilkan dari satu kaleng, karena seringkali kaleng yang besarnya sama tidak menghasilkan jumlah susu yang sama.

Jika anda tinggal di kota dengan air yang disanitasi dan anda menyiapkan botol satu demi satu, maka merebut air atau mensterilisasi botol dan dot tidaklah perlu. Anda dapat menggunakan air dari keran dan botol dapat dicuci hanya dengan air sabun hangat atau dalam mesin cuci piring. Jika anda tidak yakin air anda aman, atau jika anda menggunakan air tanah, maka sebaiknya anda mendidihkan air lima menit sebelum menyiapkan susu formula.

Mendidihkan air ketika mempersiapkan susu formula direkomendasikan secara umum walaupun dulunya dianggap berlebihan. Pada tahun 1993, sebuah wabah cyclosporiasis yang berasal dari air yang terkontaminasi di Milwaukee membuat para petugas untuk kembali menyarankan air mendidih untuk membuat susu bayi. Namun Perkumpulan Dokter Anak Amerika (AAP) memang menyarankan air yang akan digunakan untuk membuat susu bayi harus dididihkan. Jika anda tidak ingin mendidihkan airnya terlebih dahulu, anda dapat menggunakan ‘air kemasan steril’. Air kemasan tanpa tanda sudah disterilkan, sebaiknya juga dididihkan.

Anda harus membuang sisa susu formula yang tidak habis di botol.
Bayi anda mungkin mau minum susu yang dicampur dengan air dingin, atau dia malah ingin susu yang hangat. Anda dapat menghangatkan susu dengan menempatkan botol pada air panas yang mengalir, menggunakan penghangat botol atau dengan kompor. Jangan panaskan susu formula dengan microwave, karena dapat menghasilkan kantung-kantung panas dalam botol yang dapat membakar bayi anda. Dan selalu tes suhu susu formula sebelum memberikannya ke bayi anda.
Jika anda menggunakan susu siap minum atau menggunakan susu konsentrat atau bubuk dengan air kemasan atau yang sudah di filter, maka anda mungkin harus menambahkan supplemen fluoride saat usianya bertambah. Tanyakan pada dokter anda.

http://www.keepkidshealthy.com

0 komentar: